Sabtu, 04 Mei 2013

Cara Herbal Mengatasi Anemia

Ciri Anemia

Anemia atau sering disebut kurang darah adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat merah pada darah. Anemia (dalam bahasa Yunani: ναιμία anaimia, artinya kekurangan darah, from ν- an-, "tidak ada" + αμα haima, "darah" ) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Seorang pasien dikatakan anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada perempuan.Orang yang menderita anemia biasanya tubuhnya terasa lemas, produktivitas kerja menurun, kepala pusing dan berkunang – kunang, sering kesemutan, serta pandangan mata mengabur.


Cara pengobatan secara tradisonal menggunakan ramuan herbal adalah sebagai berikut :
1.    bahan yang akan digunakan yaitu rimpang kencur 1 jari, rimpang kunyit 1 jari, daun bayam merah 7 helai, telur ayam kampung 1 butir, air putih 1 gelas dan madu setengah sendok teh. Untuk proses penggunaannya, kencur, kunyit, dan daun bayam dicuci bersih, lalu ditumbuk. Campurkan air sedikit demi sedikit. Kemudian ramuan tersebut diperas dan disaring. Saat akan diminum, campurkan kuning telur dan madu lalu dikocok. Ramuan ini diminum satu kali sehari pada sore hari dan tidak disarankan untuk diminum tiap hari, cukup dua hari sekali.
2. Bahan yang digunakan untuk ramuan ini adalah daun kacang panjang/daun lembayung setengah genggam. Sebelum digunakan, daun dicuci, kemudian diasapkan atau direbus. Dan dimakan sebagai lalapan sehingga dapat dimakan setiap hari.

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Posted by: Nama Blog nama blog, Updated at: Sabtu, Mei 04, 2013

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 UNIX is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger